Senin, 19 Juli 2010

Sulsel Usul 44 Ribu Formasi CPNS 2010


Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyampaikan usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Umum 2010 sebanyak 44.314 orang kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mennegpan dan RB)


Usulan tersebut meliputi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan tenaga administrasi. Dari usulan tersebut, formasi tenaga guru berada di posisi teratas dengan jumlah 20.980, disusul tenaga teknis 14.621 orang, dan tenaga kesehatan 8.698. Sementara tenaga administrasi hanya diusulan oleh Pemprov Sulsel sebanyak 15 orang.
Kepala BKD Sulsel Andi Murny Amien Situru mengatakan, usulan tersebut merupakan rekapitulasi dari 24 kabupaten/kota ditambah usulan pemprov sendiri.
"Kita sudah kirim ke Jakarta untuk ditelaah oleh Mennegpan dan RB. Kami tinggal menunggu jawaban berapa alokasi yang disediakan untuk masing-masing daerah," kata Murny, kemarin.
Mulai tahun ini usulan CPNS pemkab/pemkot harus diketahui oleh gubernur sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam PP No 19/2009. Karena BKD provinsi membuat rekapitulasi untuk diteruskan ke pemerintah pusat.
Sementara Kepala BKD Kota Makassar, Sittiara, mengatakan, Pemkot Makassar mengusulkan formasi guru yang paling besar yakni 1.012 orang dengan asumsi di kota ini masih kekurangan tenaga guru.
"Masih ada beberapa sekolah yang kekurangan guru sementara beberapa guru juga sudah memasuki masa pensiun. Ini yang menjadi antisipasi kami," kata Sittiara.
Lutra Tertinggi
Pemkab Luwu Utara (Lutra) mengusulkan CPNS paling besar yakni 5.028 orang. Dari angka tersebut, tenaga teknis justru berada di posisi teratas dengan 2.229 orang disusul tenaga guru 2.149 orang, dan tenaga kesehatan 650 orang.
Menyusul Jeneponto yang mengusulkan 3.320 CPNS dengan usulan terbesar adalah tenaga guru sebanyak 1.348 orang, disusul tenaga kesehatan 1.156 orang, dan tenaga teknis 816 orang.
Namun Murny mengatakan usulan tersebut masih digodok dan disesuaikan dengan kemampuan negara dalam hal pembiayaan. "Bisa saja pemerintah pusat memangkas setengahnya atau lebih," kata Murny.
Sebelumnya, Menneg PAN dan RB, EE Mangindaan, mengatakan, pihaknya mengusulkan 300 ribu formasi CPNS daerah dan pusat untuk tahun 2010 ini kepada menteri keuangan.
"Usulan tersebut akan dibahas lagi oleh menteri keuangan untuk menyesuaiakan dengan kemampuan negara di APBN dalam hal penggajiannya kelak," kata mantan Gubernur Sulawesi Utara yang juga politisi Partai Demokrat ini.
Seleksi
Kapan proses seleksi CPNS Umum 2010 dilaksanakan? Murny mengaku belum mendapat agenda pasti dari menneg PAN dan RB maupun dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Namun proses awal tahapan seleksi, termasuk penerimaan penetapan kuota dan formasi dari pemerintah pusat diperkirakan akan dimulai usai lebara Idulfitri 1432H nanti. (axa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar